Polda PB Gelar Jumat Curhat Presisi Bersama Masyarakat

0 4

Polda PB Mengelar Pertemuan bersama Masyarakat Dalam Rangka kegiatan Jumat Curhat Presisi Dit Intelkam Polda Papua Barat.

Kepolisian Daerah Papua Barat mengelar pertemuan bersama masyarakat dalam rangkah kegiatan jumat curhat Presisi yang di lakukan oleh Dit Intelkam Polda Papua Barat Bertempat di Pondok Kopi Terminal Pasar Wosi Manokwari dengan alamat Pasar Sentral Wosi, Kel.Wosi, Distrik Manokwari Barat, Kab.Manokwari (Jumat 22 September 2023) di pimpin oleh
IPTU Muhamad Alfasyat, S.AP Mewakili Direktur Intelkam Polda Papua Barat .

Kegiatan diawali dengan ramah tamah dan perkenalan serta menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan dalam pelaksanaan kegiatan terkait program Kapolri tentang jumat curhat yang mana pada kesempatan ini bersama masyarakat melakukan kegiatan untuk mendengar berbagai informasi dan masukan dari masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas serta mendukung tugas Kepolisan Polda Papua Barat kedepan.

Pihak kepolisian mengatakan dalam waktu dekat ada kegiatan Operasi Kepolisian yang akan dilaksanakan oleh Kepolisan terkait pemberantasan penyakit masyarakat yang di dalamnya terdapat kegiatan pencegahan aksi Premanisme, Perjudian, Pencurian, Pemalakan dan Kejahatan lainnya yang menjadi keresahan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Pertemuan bersifatnya diskusi sekaligus mendengarkan saran dan masukan secara langsung dari Masyarakat kepada Kepolisian yang selanjutnya di jadikan sebagai bahan masukan kepada pimpinan kami sehingga kehadiran Aparat Kepolisian bisa dapat di rasakan oleh Masyarakat.

Mengingat bahwa kegiatan ini adalah salah satu program yang dilakukan oleh Pimpinan Polri untuk meningkatkan kegiatan Kepolisian agar dapat memberikan rasa aman dalam segala kegiatan dan aktifitas Masyarakat sehari – hari sesuai dengan tugas pokok dari kepolisian adalah melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Penyampaian dari bapak Niko Nuham sebagai warga sekitar pasar wosi yang sebagai berikut
Mengharapkan kepada Kepolisian agar dapat melakukan himbauan atau larangan kepada Masyarakat untuk tidak membawa alat tajam pada saat memasuki area pasar guna menjaga situasi yang aman dan nyaman.

Selama ini masyarakat khususnya Warga masyarakat suku Arfak yang bukan warga sekitar pasar Wosi selalu masuk ke area Pasar dengan membawa alat tajam berupa Parang, pisau dan lain-lain sehingga ketika timbul permasalahan maka akan menimbulkan Korban, dimana Pelaku selalu menganiaya Korban dengan menggunakan alat tajam.

Penyampaian berikut nya datang dari sopir angkutan umum pedesaan dengan rute terminal Pasar Wosi Maruni, yakni pada saat keluar selalu membawa alat tajam untuk menjaga diri karena situasi saat ini terkadang pada saat melakukan aktifitas sering terjadi aksi pembegalan dari kelompok anak muda yang mabuk akan tetapi apabila ada razia dari aparat Kepolisian selalu diambil dan di amankan untuk itu dalam pertemuan ini kami berharap
kiranya ada kebijakan terkait alat tajam yang di bawa oleh para supir angkutan menjadi pertimbangan oleh aparat pada saat melakukan kegiatan swiping, sehingga dalam melaksanakan aktifitas selaku supir angkutan merasa aman dan nyaman.

Sebagai masyarakat merasa berterima kasih karena Kepolisian dalam hal ini Polda Papua Barat telah turun ke tengah masyarakat untuk mendengar apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat sehingga, apa yang menjadi tuntutan masyarakat dapat menjadi masukan bagi pihak kepolisian.

Terkait keamanan di wilayah polisi 13 ( akaes jalan Esau Sessa – Trikora Rendani) sering terjadi aksi pemalakan dan pungli oleh oknum masyarakat sekitar.

Masyarakat menginginkan Agar patroli dari Kepolisian baik Polda Maupun Polresta Manokwari sering melaksanakan kegiatan patroli sebagai langkah antisipasi terjadinya aksi-aksi kekerasan oleh oknum masyarakat pada jam rawan selain itu juga Perlunya diadakan Pengamanan Swakarsa yaitu dengan membuat Pos Kamling secara swadaya oleh Masyarakat di area Pasar sebagai langkah antisipasi adanya kegiatan yang dilakukan oleh oknum tertentu di sekitar area pasar.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi,S.I.K,M.H. membenarkan hal tersebut

Leave A Reply

Your email address will not be published.