Putra Asli Papua Terbunuh KKB,Pangdam Kasuari Bereaksi Keras

0 1

Serangan KKB terhadap prajurit TNI di sekitar area jembatan Kali Aifuf Maybrat, Papua Barat, Kamis (20/1/2022) telah mengakibatkan salah satu putra terbaik asli Papua, Sersan Dua Miskel Rumbiak meninggal dunia dan empat anggota lainnya luka-luka.

Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengutuk keras pelaku penyerangan terhadap para prajurit TNI ini. Terlebih baku tembak terjadi saat para anggota TNI sedang melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat di wilayah Distrik Aifat Timur untuk memperbaiki jembatan di Kali Aifuf.

Pangdam Kasuari melalui Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Arm. Hendra Pesireron menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Serda Miskel Rumbiak.

“Kami kehilangan satu putra asli Papua, putra terbaik bangsa Sersan Dua Miskel Rumbiak yang mengabdi untuk tanah dan masyarakatnya, namun diperlakukan tidak manusiawi oleh KKB Maybrat,” ujar Kapendam mengutip pernyataan Pangdam Kasuari, Kamis (20/1/2022).

Menurut Pangdam kelima prajurit sedang melakukan pembinaan teritorial untuk masyarakat di Distrik Aifat Timur. Prajurit Yon Zipur 20/PPA sedang membangun sarana jembatan penyeberangan, satu-satunya akses penghubung antara kampung Fankario dan kampung Kamat di Distrik Aifat Timur.

Ia menegaskan serangan KKB tak sedikitpun mengendurkan perjuangan TNI dalam melaksanakan tugas dan mempertahankan NKRI di Papua Barat.

“Selangkah pun kami tak mundur dengan serangan ini, kami akan tetap berjuang untuk mempertahankan kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Selain itu, Kapendam mengutarakan dugaan kuat bahwa para pelaku penyerangan ini adalah kelompok KNPB Maybrat yakni pelaku yang sama yang telah berstatus DPO pasca-penyerangan pos Koramil persiapan di kampung Kisor September 2021 lalu.

Seorang prajurit TNI Serda Melkias Rumbiak gugur saat bertugas akibat mengalami luka tembak pada perut bagian kanan. Sedangkan 3 prajurit dalam kondisi kritis yakni Serda Darusman tertembak pada bagian lengan kiri, Prada Ajis tertembak pada bagian tangan kanan dan Prada Abraham mengalami 3 luka tembak pada bagian paha kanan, pundak kanan dan lengan bagian kiri dan Prada Odeng mengalami luka akibat rekoset pada paha kanan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.