Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengajak Suku Byak di Provinsi Papua Barat untuk menjalin kebersamaan, guna mempererat tali persaudaraan.

0 4

“Semoga ini menjadi semangat bersama dalam membangun Papua Barat, saya berharap masyarakat yang tinggal di Papua Barat untuk selalu mendukung program pemerintah, tentunya dengan membawa misi dan komitmen untuk bersatu maju di Papua Barat,” kata Gubernur Papua Barat saat membacakan sambutannya pada acara pengukuhan  dan pelantikan Badan Pengurus Kankain Kakara Byak Provinsi Papua Barat periode 2022-2027 di Manokwari, Kamis (6/1/2022).

Gubernur  mengajak semua pihak untuk saling bergandeng tangan dalam bingkai NKRI, juga berharap pelantikan badan pengurus suku Byak dapat terus berlanjut, untuk menggerakkan peran aktif dari masyarakat Byak yang berada di Papua Barat, untuk lebih nyata mewujudkan karya-karyanya. “Sebab semua keluarga Byak merantau dari daerahnya tidak saling mengenal, tetapi ketika tiba di Papua Barat, barulah saling kenal,” katanya.

Dominggus juga mengajak suku Byak untuk bersatu menyambut masa depan. Karena tantangan kedepan semakin berat. “Saya percaya pelantikan badan pengurus Kankain Kakara Byak Provinsi Papua Barat serta Ikatan Keluarga Biak Papua Barat bisa melahirkan inovasi-inovasi, guna mendukung pembangunan di Provinsi Papua Barat,” ucapnya.

Gubernur juga mengatakan, bahwa kekayaan Papua Barat bukan lagi hanya sumber daya alam, melainkan seni dan budaya. Kekayaan seni dan budaya bangsa yang sangat luar biasa tersebut adalah bahan baku dan sumber inspirasi yang akan melahirkan karya-karya yang bernilai tinggi.

Gubernur yakin dengan modal budaya yang dimiliki yang diikuti oleh proses kreativitas yang tinggi menjadi pondasi yang kuat untuk mengembangkan dan memajukan Papua Barat. “Saya meminta dengan dilantiknya Badan Pengurus Kankain Kakara Byak Provinsi Papua Barat dapat hadir untuk menjadikan keberagaman sebagai sumber inspirasi pemersatu bangsa dan Negara serta suku-suku yang ada di Papua Barat,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.