Timnas Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF Suzuki cup 2020

0 37

Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke final ajang Piala AFF 2020. Tiket final ini diraih setelah melalui perjuangan panjang dan penuh drama.  

Bersua tim tuan rumah, Timnas Singapura,Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2 setelah melalui perpanjangan waktu hari Minggu (25/12/2021).  

Alhasil Timnas Indonesia ke final dengan skor agregat 5-3. Skuad asuhan Shin Tae-yong bakal melawan pemenang Thailand kontra Vietnam. 

Laga kontra Singapura berjalan penuh drama. Singapura bahkan mendapat tiga kartu merah dan sempat mendapat kesempatan memenangkan pertandingan saat mendapat penalti di injury time waktu normal.  

Pertandingan leg kedua ini berlangsung dramatis karena Timnas Indonesia sempat unggul dulu, kemudian tertinggal karena Singapura mencetak dua gol balasan. Skuat Garuda kemudian memungkasi laga dengan kemenangan dan berbalik unggul lagi. 

Gol-gol Timnas Indonesia disumbang oleh Ezra Walian (12’), Pratama Arhan (87’), dan gol bunuh diri Safuwan Baharudin (91’). Sedangkan dua gol balasan Singapura merupakan kontribusi Song Ui-young (45+1’) dan Shahdan Sulaiman (75’).  

Di tengah-tengah itu, Singapura berjuang keras untuk tetap mencetak gol. Mereka sampai harus kehilangan dua pemain yang mendapat kartu merah dari wasit. 

Pertama, Safuwan Baharuddin mendapat kartu merah dari wasit di injury time babak pertama. Dia dianggap melakukan pelanggaran terhadap Rizky Ridho yang membuatnya menerima kartu kuning kedua.  

Kedua, Singapura mengalami nasib sial karena kembali mendapat kartu merah di menit ke-67. Kali ini giliran Irfan Fandi yang diusir dengan kartu merah langsung oleh wasit karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya di di dekat kotak penalti. 

Timnas Indonesia juga sempat mengalami hal buruk karena Pratama melakukan pelanggaran di kotak terlarang terhadap Shawal di menit ke-89. Faris Ramli jadi eksekutor di injury time, beruntung Nadeo mampu melakukan penyelamatan. 

Kedudukan 2-2 sampai 90 menit memaksa pertandingan dilanjutkan di babak tambahan waktu. Belum sampai semenit extra time pertama berjalan, Timnas Indonesia sudah berhasil mencetak gol lagi. 

Itu berawal dari Egy Maulana Vikri yang melepas tembakan yang ditepis kiper Hassan Sunny di menit ke-91. Bola mentah berusaha disapu oleh Shawal Anuar, namun malah masuk ke gawang Singapura sendiri. 

Keberhasilan unggul 3-2 kian membakar semangat Timnas Indonesia. Di menit ke-98, giliran Evan Dimas yang memberi ancaman setelah menerima umpan tarik dari Witan. Namun, bola berhasil diamankan Hassan. 

Pratama hampir menambah koleksi golnya di menit ke-102. Dia berhasil memanfaatkan bola muntah setelah sepak pojok yang dilepaskan oleh Evan. Sayang, bola sepakannya tidak menemui sasaran. 

Timnas Indonesia membuat kedudukan menjadi 4-2 setelah gol yang lahir di menit ke-105. Berkat sepak pojok Evan Dimas, Egy memanfaatkan kemelut di depan gawang Singapura yang dengan mudah menceploskan bola. 

Singapura tidak patah arang meski bermain bertahan. Di menit ke-108, striker Ikhsan Fandi melepas tembakan yang mengarah ke gawang Timnas Indonesia. Namun, bola tembakannya masih berhasil diamankan Nadeo. 

Singapura malah kembali mendapat kartu merah langsung di menit ke-119. Penyebabnya, Hassan Sunny menjatuhkan Irfan Jaya di luar kotak penalti. Hassan membuat Singapura menerima tiga kartu kuning sekaligus bertanding dengan delapan pemain saja. 

Skor 4-2 masih bertahan sampai wasit meniup peluit panjang. Dengan begini, Timnas Indonesia tinggal menunggu calon lawan di final. Mereka akan berjumpa Thailand atau Vietnam yang masih akan memainkan leg kedua semifinal pada Minggu (26/12/2021) besok.

Leave A Reply

Your email address will not be published.