TIM SATGAS PANGAN POLDA PAPUA BARAT SIDAK HARGA BAPOK DI PASAR WOSI MANOKWARI

0 6

Tim Satgas Pangan Polda Papua Barat Sidak Harga Bapok di Pasar Wosi Manokwari

papuabarat.polri.go.id – Tim Satgas Pangan Direktorat reskrimsus Polda Papua Barat melaksanakan Inpeksi Mendadak (Sidak) harga sembako dalam rangka mengantisipasi lonjakkan harga dan menjaga stabilitas harga pangan selama  bulan suci Ramadhan. Sidak yang dilakukan menyasar sejumlah pedagang dan distributor di pasar Wosi Manokwari, Kamis (15/04/21)

PS Panit 1 Sub 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Papua Barat juga selaku Wakil Ketua Lapangan, Iptu Muh Jihad Fajar Balman mengatakan, berdasarkan hasil pengecekkan harga sembako pada pasar Wosi Manokwari, masih terdapat beberapa kebutuhan bahan pokok masyarakat yang harganya masih dibatas kewajaran.

Kendati begitu terdapat juga beberapa barang juga mengalami kenaikan seperti cabe karena pasokan yang kurang sementara permintaan mengalami peningkatan. Lalu ada juga ikan yang harganya naik karena faktor cuaca. Sementara barang lainnya seperti gula masih akan dikoordinasikan kepada pihak Disperindag Provinsi Papua Barat.

“Kalau untuk harga gula sekarang ini masih kita akan koordinasikan dengan Disperindag Provinsi Papua Barat seperti apa, yang pastinya kita melaksanakan kegiatan tadi dilapangan, saat ini masih relatif stabil harga bahan pokok, masih sama dan ini juga Kita tanyakan langsung kepada para pedagang dan kita lihat dari data-data sebelumnya ini masih relatif stabil,” ucap Iptu Jihad

Sementara untuk stok atau ketersediaan sembako seperti beras dan gula masih akan dikoordinasikan bersama Bulog.

“Kegiatan pengecekkan harga sembako ini akan terus dilakukan selama beberapa minggu kedepan, paling tidak tiga kali dalam satu minggu,” ucapnya.

Menurutnya, selama bulan Ramadhan, Ditreskrimsus Polda Papua Barat akan terus melakukan pemantauan harga dilapangan dan melihat langsung ketersediaan sembako dipasaran, hingga beberapa minggu kedepan, paling tidak tiga kali dalam satu minggu.

“Dari hasil pemantauan pada hari ini ada beberapa harga sembako yang mengalami sedikit kenaikan namun kenaikan tersebut tidak signifikan, dari Harga Eceren Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Iptu jihad menghimbau, kepada masyarakat Provinsi Papua Barat untuk tidak khawatir atas ketersediaan bahan-bahan pokok selama bulan Ramadhan hingga menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Sebab  Tim Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Papua Barat bekerja sama dengan pemerintah akan tetap terus melakukan pemantauan secara rutin,” pungkasnya

Tim Satgas Pangan Polda Papua Barat

Leave A Reply

Your email address will not be published.