Brimob Polda Papua Barat Gelar Latihan SAR Bersama TNI Dan Basarnas

0 13

Personel Satuan Brimob Polda Papua Barat melaksanakan latihan SAR bersama TNI serta melibatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manokwari, Kamis (18/3/2021).

Latihan Search and Rescue (SAR) pencarian dan penyelamatan itu dilaksanakan di pantai kwawi manokwari.

Latihan bersama yang dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa, menyampaikan latihan SAR bersama tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri serta basarnas.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kesiapan masing-masing satuan dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam di wilayah papua barat.

Dansat Brimob Polda Papua Barat juga menyampaikan materi latihan yang di praktekan saat ini adalah latihan SAR dengan skenario melakukan penyelamatan dan evakuasi korban tenggelam.
Teknik-teknik evakuasi korban tenggelam yang diaplikasikan saat latihan ini didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang disesuaikan dengan kondisi korban dan lapangan.

Latihan bersama ini juga di lakukan untuk meningkatkan kemampuan personel juga sebagai momen menyamakan persepsi serta cara bertindak saat berada di lapangan dan juga merupakan kolaborasi kemampuan masing-masing satuan dan diharapkan mampu mewujudkan kesiapan masing-masing satuan agar selalu dalam kondisi siap apabila dibutuhkan.

Di akhir Kegitan Dansat Brimob juga menyampaikan kegiatan ini merupakan quick respon tanggap bencana yaitu dengan upaya secepat cepatnya merespon kejadian bencana sebelum Forkopimda kabupaten manokwari menepatkan status tanggap darurat bencana, dan juga merupakan Kegiatan sinergitas TNI Polri yang berkolaborasi dengan Basarnas sebagai upaya tindakan pertama atau quick respon untuk meminimalisir dan mengantisipasi maksimal jatuhnya korban jiwa akibat bencana yang telah terjadi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.